Hardiknas – BYU US Nyanyikan Lagu Nasional dan Daerah Indonesia di Kemendikbud

hardiknas

JAKARTA, mediaaras.com — Fantastik, dalam rangka perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kelompok ansambel paduan suara Brigham Young University (BYU) Singers asal Amerika Serikat (USA) dengan fasih dan sangat merdu menyanyikan lagu-lagu nasional dan lagu daerah  Indonesia di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jalan Soedirman, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Dalam perayaan Hardiknas di Kemendikbud tersebut, BYU Singers membawakan 2 lagu nasional dan 2 lagu daerah Indonesia, yakni; “Rayuan Pulau Kelapa, Kulihat Ibu Pertiwi, Hela Rotane (daerah Maluku) dan Luk Luk Lumbu” dengan baik disambut tempuk tangan riuh dan rasa kagum dari hadirin, yang mayoritas siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).

Menurut Penasehat Kedua dalam Presidensi Pasak Jawa Barat Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, Brother Sugianto waktu yang dibutuhkan oleh BYU Singers untuk menyanyikan keempat lagu tersebut hanya 2 minggu.

“Tadinya tidak ada rencana untuk mengisi acara (nyanyi) di sini. Direktur Kesenian secara resmi meminta BYU Singers mengisi acara di awal April untuk bernyanyi di tempat ini (Kemendikbud) 2 minggu yang lalu. Ini pertama kali mereka datang ke Indonesia,” jelasnya.

Lagi kata dia, usai dari Kemendikbud, mereka (BYU) malamnya nyanyi di Pusat Perfilman Usmar Ismail, diundang secara resmi oleh Direktur Kesenian di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) Soemantri, Kuningan, Jakarta.

“Jadi kedatangan mereka dalam rangka World Tour Asia 2018 ke Indonesia. Setelah Jakarta mereka akan ke Bandung berkolaborasi dengan Maranatha Christian University, Yogyakarta berkolaborasi dengan Institut Seni Indonesia (ISI), dan akan mengakhiri tour mereka di Pulau Bali dengan penampilan kolaborasi bersama Seraphim Children’s Choir di St. Franciscus Xaverius, Kuta Bali,” tutur Sugianto.

Ditambahkan oleh pendamping BYU Singers selama di Indonesia, Agus Kusumarmanto, bahwa  kedatangan mereka ke Indonesia dalam rangka World Tour Asia 2018 dan Ulang Tahun ke – 33.

“Juga mereka sedang dalam masa liburan sekolah. Usai dari Indonesia, mereka akan lanjut ke Vietnam,” ujar Agus.

Lebih lanjut dijelaskan Agus, BYU Singers akan membawakan lagu-lagu umum, rohani, lagu nasional dan daerah Indonesia dengan berbagai jenis gendre musik.

“Di Bandung, bekerjasama dengan Universitas Maranatha akan membawakan lagu umum. Di Solo mereka akan tampil secara eksklusif dalam Konferensi Pasak Surakarta Gereja Yesus Kristus Dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang juga diawali dengan kebaktian Devotional pada hari Minggu pagi Pukul 09.00WIB. Dan di Yogyakarta mereka akan belajar kerajinan, ini sekaligus untuk memperkenalkan budaya Indonesia,” bebernya.

Terkait fasihnya mereka mengucapkan bahasa Indonesia dalam lagu yang mereka bawakan, diungkapkan Agus bahwa di kampusnya, mereka memang belajar (ada pelajaran) bahasa Indonesia.

“Mereka itu ada mahasiswa yang tengah mengambil program Magister dan Doktor,” katanya.

Dalam kesempatan itu, BYU Singers sempat dijamu makan dan beraudiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Di hadapan Mendikbud Muhadjir, BYU Singers menyanyikan lagu “Rayuan Pulau Kelapa” disambut tepuk tangan dan rasa kagum dari Muhadjir.

“Bay the Way, Apakah kalian tahu maksunnya ‘Nyiur’?, itu adalah daun kelapa,” kata Muhadjir kepada konduktor dan pelatih BYU Dr. Andrew Crane dan Rex L. Barrington (Manager dari Manajemen Seni Pertunjukan 306 Hinckley Center Provo, UT), dalam bahasa Inggris.

BYU Singers adalah kelompok paduan suara berasal dari School of Music of the College of Fine Arts and Communications (Sekolah Musik Jurusan Seni Rupa dan Komunikasi). Mereka telah tampil di beberapa aula konser yang paling bergengsi di dunia, termasuk Carnegie Hall di Kota New York; Kennedy Center di Washington, D.C.; Sydney Opera House dan Balai Kota di Sydney, Australia; Kapella di St. Petersburg; Musikverein di Wina; dan Walt Disney Concert Hall di Los Angles.

Kelompok ini merupakan satu dari dua paduan suara yang dipilih untuk mewakili Amerika Serikat pada acara Fourth World Symposium on Choral Music di Sydney, Australia, dan mewakili Amerika Serikat lagi di Olimpiade Musim Dingin 2002 di Salt Lake City. (ARP)

Baca : Brigham Young University Singers Akan Hadir Gelar Konser di Indonesia

Bagikan Artikel ini !

Related posts

Leave a Comment