Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Dan Organisasi Politik Tahun 2018

politik

SALATIGA, mediaaras.com — Seminar ini merupakan kegiatan putaran ke – 3 Badan Kesbangpol ( Kesatuan Bangsa dan Politik ) Kota Salatiga yang diselenggarakan pada Selasa 17 April 2018 di Ruang Kaloka lantai 4 sekretariat Pemerintah Kota Salatiga. Untuk sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah guna mewujudkan pemilih aktif dan cerdas. Ada sekitar 190 peserta yang berasal dari tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat dan organisasi politik kota Salatiga.

 

Dirigent Ichanti yang memimpin lagu Indonesia Raya sebagai lagu pembukaan dan acara ini dipandu oleh Dwi Setyorini, SE selaku Humas Setda kota Salatiga.  Dan diawali doa pembukaan yang dipimpin oleh Haji Syaifudin. Dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Panitia oleh Etik Setiati, SH selaku PPTK (Pejabat Pelaksana Tehnis Kegiatan).

Kepala Kesbangpol Agung Nugroho, S.Sos,MM yang berhalangan hadir dikarenakan ada kegiatan dinas di Kalimantan sehingga kata sambutan diwakilkan oleh Heru Pramono, SH. Kikis Koncuro Sosiawan, sstp MM Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wasbang sebagai moderator acara.

politik
para peserta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Organisasi Salatiga

politik

 

“Dalam waktu dekat ini, kita akan menyelenggarakan agenda besar Pilkada Gubernur dan pilpres 2018. Saya berharap agenda besar ini dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat menjadi pemilih yang aktif, cerdas, dan melek politik. Sehingga dapat melahirkan sistem politik di Kota Salatiga yang benar – benar stabil, demokratis, efektif dan efisien. Kepada seluruh peserta kegiatan sosialisasi ini, saya menghimbau agar dapat menginformasikan pengetahuan yang diperoleh dari soaialisasi ini, baik kepada keluarga, teman, maupun masyarakat di lingkup masing-masing.”

Pilkada serentak pada tahun 2018 diikuti oleh 171 daerah, 17 propinsi, 39 kota, 115 kabupaten. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada hari Rabu 27 Juni 2018 pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Ketua KPU kota Salatiga Dra.Putnawati, M.Si yang hadir sebagai pembicara menjelaskan ketika melakukan pungutan suara diharapkan membawa formulir C-6 ( surat pemberitahuan) dan menunjukan KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil. “KTP elektronik dan surat keterangan sangat wajib hukumnya, jadi jangan lupa dibawa.” jelas Putnawati.

Total jumlah daftar Pemilih Sementara di Kota Salatiga berjumlah 130.732. Jumlah total ini bisa terus bertambah maupun berkurang sesuai dengan hasil informasi dari masyarakat, panwas maupun dari tim kampanye. Daftar Pemilih Sementara ini tersebar pada 4 kecamatan yaitu Kecamatan Argomulyo, Kecamatan Sidomukti, Kecamatan Sidorejo, dan Kecamatan Tingkir.

Masyarakat Salatiga juga dihimbau untuk memeriksa kembali apakah daftar KPU sudah benar atau tidak. Putnawati menambahkan “untuk cek nama Anda di daftar pemilih sementara dapat dibuka pada halaman website https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dps/1/nasional.”

Hadir juga dosen Universitas Kristen Satya Wacana R.E.S Fobia, SH.MIDS sebagai pembicara. Beliau menjelaskan tentang demokrasi dan pemilu yang bermatabat. Demokrasi dan pemilu bermartabat membutuhkan partai politik. Demokrasi, pemilu, partai politik dalam mensejahterakan masyarakat harus dilakukan melalui 4 hal yaitu pembangunan bidang pendidikan, kesejahteraan, pemenuhan kebutuhan dan daya beli secara ekonomi.

Menurut beliau, ” Indonesia itu dalam soal pemilu yang berdemokrasi harus terus mengembangkan diri karena Indonesia ini adalah model dunia. Negara harus dijaga kalau tidak dijaga dunia tidak punya model alamiah yang menyediakan laboratorium keberagaman multikultularitas (model manusia yang beragam).” Seminar ini ditutup dengan diaolog interaktif dan terbuka antar pembicara dan peserta.(SLV)

Bagikan Artikel ini !

Related posts

Leave a Comment