Pelantikan DPW Manguni Indonesia Propinsi Jawa-Tengah “I Yayat U Santi”

dpw

SALATIGA, Mediaaras.com — Pelantikan DPW Manguni Indonesia – Propinsi Jawa – Tengah berlangsung di Pendopo Pemkot Salatiga Jumat, 13 April 2018 Pukul 17.00 WIB. Hadir 200 tamu undangan dan dihadiri langsung Kepala Kesbangpol Salatiga Agung Nugroho, S.Sos, MM, Kepala Bappeda Salatiga Drs. Tedjo Supriyanto, MM, Ketua KONI Dance Palit, Ketua FPBI Amin Siahaan dan DPP serta para keluarga DPP / DPW / DPD MI.

dpw
doc.mediaaras.com
dpw
Pdt. Andy Palaar

Pdt. Andy Palaar mengawali acara dengan ibadah, sedangkan Pdt. Esther Tulung membawakan renungan, mengupas tentang I yayat U Santi yang diambil dari 2 Kor 8 mengupas Arti “I Yayat U Santi Arti dan makna ungkapan ini, terjemahan harafiahnya adalah: Angkatlah dan Acung-Acungkanlah Pedang (Mu) itu.

Ungkapan ini diseru-serukan khususnya oleh para “waranei”, anggota kebesaran, penari tari pedang dalam menghadapi tantangan yang dianggap musuh. Ini merupakan suatu komando, perintah tetapi juga untuk membangkitkan gairah, semangat sekaligus untuk mengusir kecemasan, kekuatiran dan ketakutan ketika menghadapi tantangan (musuh).

dpw
doc.mediaaras.com

Cara menyerukan bagi para waranei ialah dengan suara yang nyaring, tegas betul-betul seperti komando, sambil mengangkat dan mengacung-acungkan salah satu tangan dengan kepalan jari-jarinya. Lalu seruan ini disahuti dengan sorakan oleh rekan-rekan waranei atau oleh hadirin dengan jawaban atau sambutan : Uhuuy!! atau Tentu itu!! yang artinya : Setuju, demikianlah halnya!

Makna lainnya  ialah : Supaya kita melengkapi diri kita dengan segala kearifan, hikmat, ketrampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kecetakan (= wisdom, managerial skill and technical know-how). Untuk menghadapi setiap tantangan kemiskinan, kemalasan, kebodohan, kelaparan, ketidakadilan, ancaman penjajahan, dan segala sesuatu yang dapat menjadi musuh kehidupan.

Dalam bahasa Alkitab oleh karena Minahasa mayoritas nasrani maka ungkapan ini juga bermakna sebagai pengejawantahan kuasa-kuasa maut. Dan karena kuasa maut itu telah ditaklukan oleh Allah sendiri karena membangkitkan Putera-Nya Yesus Kristus dari kematian, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berjuang demi kemenangan kehidupan.”

DPW
MC Alfian Jantje. K. Tulandi (DPP MI)

Acara prosesi pelantikan dipimpin oleh MC Alfian Jantje. K. Tulandi (DPP MI) ini, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya menghadirkan dirigent Hernawati Simamora kemudian disusul dengan pelantikan 23 pengurus DPW MI Jateng oleh Ketua Umum MI Ricky Roger Korah yang langsung menyerahkan mandat kepada Ketua Dewan Pimpinan Wilayah MI Jateng Stefanus Martin Pangalila, kemudian melantik langsung beberapa DPD salah satunya DPD MI Salatiga, disaksikan para undangan sontak tepuk tangan bergemuruh.

Inilah Struktur DPW MANGUNI INDONESIA  propinsi Jawa Tengah yang terbentuk : Pembina : Dedy Prasetyo, Robby Pangalila, AKBP. Barnabas Imam Setiyono, SH.M.Si, Harianto Susilo, SE. MM dan Rosa Darwanti. Ketua : Stefanus Martin Pangalila, Wakil Ketua : Ivan Tulandi, Sekretaris: Loboran Michael Tammu, Wakil Sekretaris: Micky D.R.Manongko, Wakil Sekretaris : Ardian Hamanay, Bendahara : Antonia Susi, Wakil Bendahara : Riny Imelda, Departemen sosial: Agustinus Ulaan, Departemen Pengembangan dan Organisasi :  Oktovianus Kamagi, SE, Glenn Rio G.S Mailuhu. Departemen Pemuda dan olahraga : Frenly Mondoringin, Supri Tambunan, Departemen Pendidikan : Yonathan Y. Mononimbar, Departemen Media dan Elektronik: Lasma M. Simbolon, Departemen Kerohanian: Pdt. Ester Tulung, Departemen UMKM : Yudha Christian Salunusa, Departemen Advokasi dan Bantuan Hukum: Benny Kailola, S.H, Caesar Fortunus B.C. Wauran, S.H.,M.H, Sukma Maasawet , S.H., M.H, Korsinus Ginto, S.H., M.H, Jacques C. Lumenta, S.H., M.H, Esy R. Wongku, S.H., M.H dan Satgas : Vrits Kalitou

Walikota Salatiga Drs. Yuliyanto, MM berhalangan hadir maka kata sambutan diwakilkan kepada Kepala Kesbangpol Salatiga Agung Nugroho, menyatakan selamat datang di kota Salatiga dengan harapan kehadiran MI di Salatiga lebih lagi dapat mewarnai kota Salatiga yang notabene Salatiga sudah dikenal dengan orang-orang yang berasal dari luar Jawa.

dpw
Ketua DPW MI Jateng Stefanus Martin Pangalila

Ketua DPW MI Jateng Stefanus Martin Pangalila menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas sambutan hangat dari Pemkot Salatiga dengan mengijinkan acara terselenggara di Pendopo Pemkot. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Manguni Indonesia ini adalah  kumpulan  orang – orang Sulawesi yang melibatkan juga orang – orang luar Sulawesi oleh karena sudah kawin campur (blasteran) di seluruh Indonesia yang bersama – sama ingin membangun supaya budaya yang ada itu terus dilestarikan. Selain itu MI Jateng akan melakukan kegiatan sosial supaya para anggota juga dapat menjadi berkat atau dampak bagi masyarakat  dan membantu pemerintah  supaya apa yang menjadi tujuan bersama untuk mewujudkan negara yang sejahtera dan adil dapat terwujud. “Harapan kami, Indonesi harus tetap bersatu bersama – sama bergotong royong dan bekerja keras sehingga apa yang menjadi tujuan bersama akan tercapai”. Katanya lagi menegaskan.

 

dpw
Ketua Umum MI Ricky Roger Korah bersama mediaaras.com

Sedangkan Ketua Umum MI Ricky Roger Korah, saat ditemui Mediaaras.com menyatakan  bahwa  organisasi MI  berorientasi pada seni dan budaya Minahasa yang pertama kali didirikan di Jakarta, dalam hal in,  kami tidak menutup kemungkinan anggotanya berasal dari suku bangsa seluruh Indonesia. Seperti conto kepengurusan DPW ini, ada beberapa berasal dari suku yang berbeda (Bhineka Tunggal Ika). Selain itu, kami selama ini sudah melakukan kegiatan-kegiatan sosial di berbagai daerah, seperti pada waktu itu membantu warga yang terkena banjir di daerah Cipinang, mengunjungi Panti Asuhan di Jakarta Timur. Sampai saat ini, sumber dana kami masih swadaya, sponsor dari anggota Manguni sendiri. Dan dalam waktu dekat ini kami akan melakukan pelantikan Dewan kepengurusan di Bali dan Batam.” Jelasnya dengan semangat.(Sil/*)

Bagikan Artikel ini !

Related posts

Leave a Comment