Kenali Penyebab dan 10 Tanda Ginjal Anda Sakit

ginjal

JAKARTA, mediaaras.com — Masing-masing manusia normalnya lahir dengan dua buah ginjal, yang bentuknya mirip kacang merah. Ginjal memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh yang bertugas menyaring racun-racun dalam tubuh kita setiap harinya.

Ginjal harus menyaring kurang lebih 20-150 liter darah untuk menghasilkan kurang lebih 1-2 liter urine, yang terdiri dari bahan-bahan tidak berguna dan cairan berlebih.

Dehidrasi merupakan penyebab sakit ginjal nomor satu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya.

Penyebab sakit ginjal lainnya yaitu karena mengkonsumsi jenis obat tertentu membuat rentan menderita gagal ginjal akut. Obat yang dimaksud di sini adalah obat penahan nyeri, obat kanker, beberapa macam antibiotik dan obat anti darah tinggi. Penggunaan obat ini menjadi lebih berisiko bila dimakan secara bersamaan pada saat tubuh kekurangan cairan. Namun jangan takut mengkonsumsi obat ini bila sudah berkonsultasi dengan dokter.

Kenali 10 gejala ini sebagai tanda ginjal kita bermasalah; Pertama, Perubahan warna kencing. Ini merupakan gejala utama ginjal mu bermasalah, dimana bila ada perubahan tekanan aliran kencing saat buang air kecil atau gangguan saat buang air kecil. Kencing berbusa, warna lebih gelap diikuti dengan frekuensi buang air kecil yang jarang atau sedikit-sedikit atau warna kencing yang pucat dengan frekuensi buang air kecil yang banyak. Keinginan untuk buang air kecil yang sering, bahkan di malam hari saat Anda tidur

Kedua adanya bengkak berlebihan. Karena ginjal bertanggung jawab menyaring cairan dalam tubuh, maka cairan-cairan yang tidak tersaring akan membuat tubuh menjadi bengkak. Pembengkakan terutama terjadi pada tangan dan kaki. Di sisi lain, protein dalam urine merupakan pertanda jelas bahwa ginjal kamu dalam masalah dan tidak dapat menyaring dengan baik. Jika hal ini terjadi, penyaring-penyaring pada ginjal akan membiarkan protein masuk bercampur dengan urine.

Orang dengan masalah ginjal biasa mengalami bengkak pada mata (puffy eyes), yang dikarenakan banyaknya protein pada urine. Selain itu terjadi juga pembengkakan pada persendian.

Ketiga terjadi sesak napasKetika ginjal bekerja keras, cairan akan menumpuk pada ginjal bahkan berada di jaringan tubuh lainnya seperti paru, penumpukan cairan di paru inilah yang membuat kamu sesak napas. Kurangnya oksigen dalam darah membuat tubuh sulit berfungsi maksimal sehingga menyebabkan napas menjadi terengah-engah dan memburu.

Keempat, Kemerahan pada kulit (skin rashes)Ketika tubuh dipenuhi oleh racun, akan muncul berbagai proses pada tubuh yang terjadi untuk menghilangkan racun-racun tersebut. Salah satu caranya adalah melalui pori-pori kulit yang kemudian menimbulkan kemerahan, gatal, dan kering pada kulit.

Kelima seperti rasa besi pada mulutRasa tidak enak di lidah atau mulut bisa juga jadi gejala ginjal bermasalah. Terkadang, tubuh kamu akan terlalu banyak dipenuhi racun sehingga kamu dapat merasakannya secara langsung. Orang dengan ginjal yang tidak bekerja secara optimal, akan merasakan rasa besi pada mulutnya. Hal ini juga memicu ke napas yang bau tidak sedap (halitosis) dan menurunnya nafsu makan.

Enam, menjadi kurang konsentrasi dan pusing. Ketika ginjal tidak dapat menyaring racun dengan baik, oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak. Hal ini memicu terjadinya pusing, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah, dan kepala yang terasa kliyengan.

Ketujuh; Nyeri pada punggung belakang (nyeri pinggang)Nyeri pada punggung belakang sangat mungkin menjadi gejala ginjal bermasalah atau adanya infeksi pada organ sekitarnya. Nyeri ini dapat sebagai akibat dari adanya batu ginjal maupun infeksi saluran kencing.

Delapan, tubuh menjadi lemas. Pada orang sehat, ginjal akan memproduksi EPO (erythropoietin), yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah. Sel darah merah ini akan membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh. Kurangnya EPO pada ginjal yang bermasalah membuat kadar oksigen berkurang sehingga dapat menyebabkan lemas.

Kesembilan, terasa Mual dan muntahKarena zat sisa yang beracun berkumpul dalam darah, hal ini dapat menyebabkan terganggunya pusat rasa muntah di tubuh sehingga terjadilah mual dan muntah.

Sepuluh, tubuh menggigilJika ada masalah pada ginjal, maka oksigen tidak banyak diedarkan pada tubuh. Apabila hal ini terjadi, kita akan mengalami anemia dan penurunan suhu tubuh sehingga gejala yang timbul akan disertai dengan rasa menggigil padahal udara tidak dingin. (Red)

Baca : Jangan Diejek, Ternyata Tidur Ngiler itu Baik

Bagikan Artikel ini !

Related posts

Leave a Comment