Ini Tips dan Cara Mudah Membentuk Otot Tubuh

Tips

mediaaras.com — Tidak sedikit orang, baik pria maupun wanita yang menginginkan otot-otot tubuhnya menjadi kekar atau padat berisi. Untuk mencapai hal itu biasanya didapatkan dari gym atau fitnes. Padahal, kebanyakan gerakan-gerakan di tempat fitnes atau gym berdasarkan gerakan olahraga yang hanya saja menggunakan beban. 

Saat ini bukan hanya olahraga dengan menggunakan beban saja yang bisa membentuk otot-otot tubuh, olahraga dengan menggunakan berat badan sendiri juga bisa. Ini disebut kalistenik. Banyak sekali gerakan kalistenik yang bisa dipraktikkan, mulai yang mudah hingga yang advance (sulit). Misalnya push up, pull up, dips, muscle up, hingga planche.  

tips

Walau ada gerakan yang mudah, kita tidak boleh asal-asalan melakukannya agar hasil yang didapatkan optimal. Menurut Ade, salah satu anggota komunitas olahraga Street Workout Depok (SWORD), yang terpenting dari gerakan-gerakan tersebut adalah mengatur otot inti tubuh yang disebut otot core.

“Yang pertama gimana kita ngatur core, core itu kekuatan serat-serat otot kecil di perut. Kalau dia punya basic corenya bagus, ya bisa,” kata dia seperti yang dilansir daridetikHealth.

Otot core memiliki fungsi untuk menopang gerakan dan keseimbangan tubuh manusia. Ketika otot core kuat, maka akan lebih mudah untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut.Untuk melatih otot core agar kuat, kamu bisa lakukan gerakan olahraga, seperti push up, plank, dan sit up.

“Kalau nge-core biasanya dilatih gerakan hot plank, segala sesuau yang basic-nya nge-hot itu akan lebih kuat di core. Kayak push up nge-hot, core kena, sit up nge-hot core kena, apalagi nge-plank,” jelas Ade.

Hal senada diungkapkan oleh instruktur dari komunitas olahraga Workout Embassy, Suprianto berbagi tutorial gerakan-gerakan simple yang bisa dilakukan di rumah. Jika dilakukan secara rutin dan benar, kamu bisa dapatkan tubuh fit dan kencang.
Yang pertama adalah gerakan Push upGerakan push up itu tidak boleh dilakukan dengan asal. Menurut Suprianto, gerakan push up difokuskan pada bagian dada dan bahu dengan menyejajarkan tangan dengan dada.

“Jadi fokusin tangan sejajar dengan dada kita, badan sejajar tegak lurus jangan perutnya turun. Terus pantatnya juga nggak boleh naik. gerakannya naik turun dengan posisi siku agak rapat ke badan, jangan lebar-lebar karena itu sangat tidak bermanfaat bagi kita,” jelas Supriyanto.

Banyak orang yang salah melakukan gerakan ini, sehingga tubuh tidak terbentuk maksimal dan mendapatkan lelahnya saja.

Kedua adalah gerakan SquatsSquats adalah gerakan yang paling efektif untuk mengencangkan otot gluteus di sekitaran paha dan bokong. Suprianto mengatakan bahwa gerakan squat sebenarnya adalah gerakan yang simple, namun jika dilakukan secara asal bisa berdampak tidak baik bagi tubuh.

“Posisi kaki dibuka selebar bahu kita, seperti orang mau duduk. Diusahakan badan tegap dada dibusungkan, terus lutut nggak boleh melebihi ujung jari kaki, terus bentuk sudut 90 derajat. Ini manfaatnya untuk membentuk otot sepanjang paha dan pantat kita,” terangnya.

Gerakan Ketiga adalah Leg lift. Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot perut dengan menggerakkan kaki naik dan turun dengan repetisi sesuai dengan kemampuan diri sendiri.

“Jadi gerakannya adalah posisi berbaring telentang, rapatkan kakinya terus diangkat pelan-pelan kira-kira membentuk sudut 90 derajat. Kalau kalian otot tulang belakangnya atau tulang pantatnya takut sakit, bisa tangannya jadi bantalan biar nggak sakit atau cedera,” tutur Suprianto. (ARP)

BacaCara Mudah Alami Detoksifikasi Agar Kulit Wajah Sehat dan Segar

Bagikan Artikel ini !

Related posts

Leave a Comment